Sabtu, 08 September 2018

Basic Dress, Sederhana Menuju Syar'i

Alangkah bersyukurnya hidup di jaman sekarang. Allah mudahkan para muslimah untuk bisa bebas berpakaian menutup aurat sesuai dengan ajaran agama Islam atau biasa disebut berpakaian syar'i. Berbeda dengan puluhan tahun silam dimana untuk sekedar berkerudung saja harus sembunyi-sembunyi. Memang setiap jaman punya tantangannya masing-masing.


Sumber gambar :   https://pinterest.com/pin/628533691718036592/?source_app=android

Setelah mengalami perjalanan panjang di tiap jamannya, kini jenis pakaian longgar, panjang, dan menutup aurat sudah lazim bagi masyarakat Indonesia. Didukung pula oleh banyaknya artis yang hijrah dan mendalami agama maka berpakaian syar'i mengalami perkembangan pesat di kalangan masyarakat muslim, khususnya muslimah. Tentunya hal ini memberikan dampak yang positif.

Seiring dengan tingginya minat masyarakat muslim untuk berpakaian syar'i, maka semakin banyak pula produsen dan brand pakaian syar'i bermunculan. Tak bisa dipungkiri beragam modelpun mudah ditemui dari yang sederhana hingga yang mewah, dari harga ratusan hingga jutaan rupiah. Semua sah-sah saja karena tiap produsen/brand punya perhitungan harga masing-masing dan konsumen juga punya kebutuhan serta kemampuan daya belinya masing-masing. Yang harus diperhatikan adalah ingatkah kita bahwa salah satu kriteria berpakaian dalam Islam adalah "sederhanakan pakaianmu".

Bagi saya pribadi, sederhana bisa dilihat dari sudut pandang tujuan, harga dan model, yaitu :
1. Tujuan dalam hal ini adalah tujuan dari membeli, apakah karena kebutuhan atau sekedar keinginan mengikuti trend? Bagi saya sederhana berarti membeli karena kebutuhan.

2. Harga, apakah pakaian syar'i yang dibeli sesuai dengan anggaran keuangan kita. Jangan sampai karena membeli pakaian syar'i dengan harga selangit, kebutuhan pokok jadi terabaikan.

3. Model, hal ini tidak sama untuk masing-masing orang, tergantung selera dan kepribadiannya. Saya sendiri lebih suka yang sederhana, tidak ribet dan nyaman di badan.

Berdasarkan pengalaman pribadi setelah merasakan hamil dan punya anak, saya jatuh cinta dengan basic dress. Kenapa? Karena basic dress ini bisa dipakai dari jaman belum menikah, hamil, hingga punya anak. Long last model banget kan dan tentunya tidak bertentangan dengan kriteria syar'i karena modelnya yang longgar di badan. Menurut saya inilah letak kesederhanaan basic dress.


Contoh basic dress
Sumber gambar :   https://pinterest.com/pin/780319072911102851/?source_app=android

Basic dress sendiri biasanya memiliki kancing atau Zipper di bagian depan sehingga memudahkan untuk menyusui. Antara dada dan perut ada sambungannya dan dibuat rempel atau kerut sehingga longgar dan muat dipakai saat hamil. Basic dress dengan kain yang sifatnya jatuh memberikan kesan tinggi bagi pemakainya. Untuk saya yang berbadan kurus rasa-rasanya menjadi tampak berisi. Untuk yang gemuk pun tak memberikan kesan gemuk. Bagian bawah yang lebar tapi tak selebar model payung memudahkan untuk beraktivitas dan bergerak serta aman untuk berkendara.

Basic dress bisa dipakai untuk acara formal maupun informal. Untuk acara formal tinggal tambahkan outer atau cape dan jilbab yang sesuai, maka akan terkesan elegan. Untuk acara informal atau santai juga nyaman, berasa pakai daster. Bagi saya ini praktis sekali. Satu model bisa dipakai untuk beragam acara dan keperluan. Berikut contoh sketsa buatan saya untuk basic dress dengan outer.


Sketsa basic dress dipadupadankan dengan outer
Sumber gambar : koleksi pribadi

Begitu nyamannya basic dress ini menyebabkan setiap produsen/brand pakaian syar'i juga mengeluarkan produk basic dress nya masing-masing. Tentunya tidak sama antara produsen/brand yang satu dengan yang lain, pasti ada perbedaannya entah dari segi kain maupun jahitan.

Nah ada yang membuat saya penasaran, yaitu brand baru di dunia pakaian syar'i yang akan launching beberapa hari lagi, Ava.lable namanya. Baru bisa intip-intip dari akun Instagramnya. Menarik karena mengusung tema simply and gorgeus. Ini sedikit bocorannya, saya screenshoot dari postingan Instagramnya.


Sumber gambar : instagram @ava.lable



Sumber gambar : Instagram @ava.lable


Menarik bukan? Apalagi ada keterangan wudhu friendly, nursing friendly, invisible pocket, dan bahan kainnya juga jenis yang adem. Cocok sekali untuk ibu-ibu yang anaknya aktif maupun muslimah yang padat kegiatan.  Jadi yuk follow Instagram Ava.lable dan atur pengingatnya supaya tidak ketinggalan launching produknya.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat muslim untuk berpakaian syar'i dan semakin banyaknya produsen/ brand pakaian syar'i membuat kita bersyukur atas nikmat Allah ini. Semoga selanjutnya akan memudahkan #journeytosyari yang sesungguhnya. Tak hanya dari segi berpakaian tapi juga hati, jiwa, dan pemahaman tentang Islam secara menyeluruh bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rutin Mencatat Pengeluaran yuk

Dalam pengelolaan keuangan ada hal paling sederhan tapi kadang tidak dilakukan karena tidak sempat atau terlalu ribet atau malas yaitu menc...