Kamis, 18 Oktober 2018

#ILoveMyImperfections, Saat Pilihan Menjadi Working Mom Tiba

Bagi saya, pilihan menjadi Working Mom tiba saat lowongan CPNS terbuka lebar. Bagaimana tidak, restu suami, restu orang tua dan restu mertua terkantongi selama itu penempatan di Jogja. Yang artinya juga saat itulah ada kesempatan keluarga kecil kami untuk kembali ke Jogja, dekat dengan orang tua, dekat dengan sanak saudara. Sebagai wujud bakti kami kepada kedua orang tua juga pastinya dan banyak nilai positif lainnya juga untuk si kecil kami terutama bisa mengenal siapa saja saudaranya, mengenalkan makna silaturahim. Mungkin juga jika lolos sebagai CPNS, beberapa mimpi saya akan terwujud, tentu atas kehendak Nya.

Namun, saat itu pula ada kekhawatiran yang saya rasakan jika kelak saya benar-benar diterima yaitu bagaimana dengan pengasuhan anak-anak sehari-hari. Dilema ini selalu menyeruak semenjak saya menjadi seorang ibu. Saya merasa akan kehilangan banyak waktu bersama si kecil, akan banyak milestonenya yang saya lewatkan. Ya karena menjadi seorang PNS berarti waktu kerjanya pasti dari jam sekian sampai jam sekian, tidak fleksibel. Saya tidak akan bisa berada disisi si kecil di waktu aktifnya.

Sumber gambar : https://pinterest.com/pin/507147608036051251/?source_app=android

Belum lagi memikirkan sehari-hari si kecil dengan siapa, rasanya galau-galau sedap. Pengasuhan tidak hanya menjaga si anak saat orang tuanya pergi. Tapi mengasuh itu juga mendidik, menanamkan nilai dan menanamkan karakter. Pengasuhan itu semacam tiang utama bagaimana orang tua ingin membentuk anaknya seperti apa. Mungkin mempercayakan si kecil kepada kakek dan neneknya bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi bukankah itu memperberat masa tuanya. Sedih juga rasanya saya, sudah berumahtangga tapi masih juga merepotkan orang tua. Kapan saya bisa berbakti. Mencari pengasuh juga ngeri-ngeri sedap, apalagi jaman sekarang. Saya juga merasa tidak rela anak saya diasuh oleh orang lain yang saya tak paham kepribadian dan pendidikannya. Pilihan lain mungkin daycare. Well itu tadi cuma bayangan kekhawatiran seorang ibu biasa seperti saya.

#ILoveMyImperfections
Nah di saat kesempatan menjadi Working Mom ini terbuka lebar biasanya muncul rasa bersalah dalam diri saya. Bersalah pada suami dan anak. Merasa tak sempurna karena saya tak bekerja. Tapi ketika membayangkan saya diterima bekerja, saya akan sangat merasa bersalah kepada anak.

Mungkin jika diterima, hal pertama yang akan saya lakukan adalah meminta maaf kepada si kecil karena tidak bisa menemaninya seperti dulu. Hal kedua adalah meminta maaf kepada suami karena pasti akan banyak pekerjaan rumah tangga yang menjadi kewajiban saya terbengkalai. Hal ketiga adalah meminta maaf kepada orang tua jika saya menitipkan si kecil kepada mereka. Mellow amat..tapi ini baru kemungkinan kok.

Saat dihadapkan dengan kesempatan menjadi Working Mom saya bisa pusing tujuh keliling. Inilah hal terberat semenjak menjadi ibu, emosi, pikiran dan jiwa rasanya teraduk-aduk. Bukan lagi tentang repotnya memasak, bikin menu MPASI, meng-ASI-hi, harus dirumah menemani anak dan sebagainya, semua ini bisa saya pelajari dan saya yakin bisa. Bukannya saya tidak mau bekerja, toh sebelumnya saya juga pekerja dan tahu suka dukanya menjemput rezeki. Saya hanya memikirkan anak dan tanggungjawab saya tentang anak serta rumah tangga, itu saja.

Sumber gambar :  https://pinterest.com/pin/507147608036051161/?source_app=android

Pada akhirnya saya tidak boleh berlama-lama larut dalam perasaan bersalah dan kekhawatiran ini. Saya harus menerimanya sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Menjadi ibu memang tidak akan bisa sempurna, entah Working Mom, Stay at Home Mom, maupun Working at Home Mom. Semua punya perjuangannya masing-masing. Semua punya pengorbanannya masing-masing. Dan saya harus mencintai ketidaksempurnaan saya, #ILoveMyImperfections.

Meluangkan #5MenitAja
Meluangkan sedikit waktu untuk sekedar berdiam diri, menghela nafas, menyerahkan segala ketentuan pada Allah merupakan cara saya untuk menawar rasa bersalah yang muncul karena merasa tidak sempurna menjadi seorang ibu.

Meluangkan #5MenitAja untuk mengingat nikmat Allah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk membersamai tumbuh kembang si kecil selama ini bisa membuat saya bersyukur dan bersemangat kembali.

Meluangkan waktu untuk membaca cuplikan komik persatuan ibu-ibu di Instagram sudah bisa membuat saya tersenyum lega karena merasa tak sendiri. Membaca artikel seperti tabloid Nova terutama bahasan yang ringan tapi membangun juga bisa menjadi pilihan untuk menepis perasaan negatif yang muncul.

Selanjutnya saya tetap akan ikut tes CPNS seperti sebelum-sebelumnya sebagai wujud ikhtiar saya agar kami sekeluarga bisa pindah ke Jogja. Juga sebagai wujud ikhtiar menjemput rezeki jika kelak kami pindah ke Jogja. Bagi keluarga yang sudah merantau seperti keluarga kami, pilihan untuk kembali ke kampung halaman memang tak mudah. Banyak hal harus dipikirkan dan direncanakan. Bagaimana agar asap dapur tetap mengepul juga tentang masa depan.

Tentang kekhawatiran yang saya rasakan, saya yakin jika Allah sudah berkehendak pasti sepaket dengan solusi dan Allah pasti memampukan. Banyak kok Working Mom diluar sana yang bisa tetap menjalankannya peran sebagai istri dan ibu dengan baik. Allah punya banyak jalan, Allah punya banyak pintu. Allah juga pasti akan menghadirkan banyak hikmah dan kebaikan-kebaikan lain yang lebih indah. Seperti salah seorang teman saya ini, dia luar biasa. Bisa jadi penambah semangat kan.


Sumber gambar : Instagramnya Anggi
Maaf ya Nggik, ijin pake gambarmu disini, inspiring banget, proud of you 👍👍

Sekali lagi saya selalu yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik pembuat skenario kehidupan dengan kejutan-kejutan tak terduga. Jika Allah sudah menghendaki, maka itulah yang terbaik. Hanya kepada Nya lah tempat bergantung dan kembali. Sebagai manusia tugas kami adalah berikhtiar dan berdoa. Selanjutnya adalah bersyukur dan bersabar. Allah yang menentukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rutin Mencatat Pengeluaran yuk

Dalam pengelolaan keuangan ada hal paling sederhan tapi kadang tidak dilakukan karena tidak sempat atau terlalu ribet atau malas yaitu menc...